103 203 123
Address
Sanitasi Adalah

Sanitasi Adalah

Sanitasi Adalah – Kebersihan adalah perilaku yang disengaja dalam budaya hidup bersih dengan tujuan mencegah orang untuk bersentuhan langsung dengan kotoran dan limbah berbahaya lainnya dengan harapan kegiatan ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Secara umum, definisi kebersihan adalah upaya manusia untuk mencapai dan menjamin kondisi lingkungan (khususnya lingkungan fisik, mis. Bumi, air dan udara) yang memenuhi persyaratan kesehatan.

Sanitasi-Adalah
Sanitasi Adalah

Kebersihan adalah suatu kondisi yang terkait dengan kesehatan masyarakat, khususnya pasokan air minum bersih dan pembuangan limbah yang tepat. Kebersihan dapat membantu mencegah penyakit dengan mengendalikan faktor fisik dan lingkungan yang terkait dengan rantai penularan penyakit.

Atau Anda bisa mengatakan bahwa kebersihan adalah perilaku manusia yang sadar untuk menjaga kebiasaan hidup bersih dan sehat, untuk mencegah orang terkontaminasi langsung oleh bahan-bahan kotor dan berbahaya dengan harapan menjaga dan meningkatkan tingkat kesehatan manusia.

Pengertian Sanitasi Menurut Para Ahli

Edward Scoot Hopkins (1983)

Menurut Edward Scoot Hopkins, kebersihan adalah cara memonitor faktor lingkungan yang berdampak pada kesehatan.

Richard Sihite (2000: 4)

Menurut Richard Sihite, kebersihan adalah tindakan kesehatan preventif, dengan kegiatan yang difokuskan pada upaya untuk kesehatan lingkungan manusia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, kebersihan adalah upaya untuk mempromosikan dan menciptakan situasi kesehatan yang baik, terutama kesehatan masyarakat.

Azrul Azwar

Menurut Azrul Azwar MPH, kebersihan adalah cara memonitor berbagai faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Menurut WHO, kebersihan adalah kontrol semua faktor dalam lingkungan fisik manusia yang dapat memiliki efek negatif pada kehidupan manusia, baik secara fisik maupun psikologis.

Tujuan Sanitasi

Secara umum, tujuan higiene adalah untuk memastikan kebersihan lingkungan manusia sehingga dalam kondisi yang baik dengan komunitas kesehatan dan untuk memulihkan, meningkatkan dan menjaga kesehatan manusia.

Manfaat Sanitasi

Manfaat kebersihan bagi lingkungan manusia meliputi:

  1. Menciptakan kondisi lingkungan yang lebih bersih, lebih sehat, dan lebih nyaman bagi manusia.
  2. Ini mencegah penyakit menular.
  3. Mencegah atau meminimalkan kemungkinan kecelakaan.
  4. Cegah atau kurangi kemungkinan polusi udara, misalnya bau tak sedap.
  5. Hindari polusi.
  6. Kurangi persentase orang sakit di suatu daerah.

Ruang Lingkup Sanitasi

Sanitasi mengacu pada fasilitas dan layanan untuk pembuangan limbah manusia dan untuk pemeliharaan kondisi kebersihan melalui pembuangan limbah dan limbah cair. Fasilitas kesehatan berikut meliputi:

  1. Pasokan air bersih / air minum (water supply), termasuk pemantauan kualitas, kuantitas dan penggunaan air.
  2. Pengolahan limbah (pembuangan limbah), termasuk pembuangan limbah, fasilitas pembuangan dan penggunaannya.
  3. Pemrosesan makanan dan minuman, termasuk pengadaan makanan, penyimpanan, pemrosesan dan layanan.
  4. Pemantauan / kontrol serangga dan hewan pengerat (kontrol serangga dan hewan pengerat), termasuk serangan dan kontrol hewan pengerat.
  5. Kesehatan dan keselamatan kerja saat kegiatan kesehatan dan keselamatan kerja dilakukan meliputi area kerja (mis. Dapur), pekerjaan, metode kerja, dan pekerjaan.

Sumber : https://adalah.co.id/

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *