103 203 123
Address

Bensin bocor?ini dia penyebab dan solusinya!

Bensin bocor ini penyebab dan solusinya!

Ketika mobil diparkir , kadang dibawah mobil ada yang basah. Setelah dicek ternyata bensin yang menetes dari karburator.

Kenapa bisa keluar bensin? hal tersebut bisa jadi pelampung yang ada di dalam karburator sudah tidak bisa bekerja maksimal lagi untuk memberi tekanan spuyer, sehingga ada celah bensin terus mengucur dan meluber kemudian keluar melalui lubang udara.

Kalau kerusakan belum terlalu parah, bisa dicoba dengan mobil distandard tengah kalau sedang parkir. Karena bisa jadi posisi miring menjadikan pelampung yang sudah berusia tertahan tidak bisa memberikan tekanan pada spuyer. Untuk itu perlu posisi yang sejajar guna menghilangkan hambatan tersebut.

Namun ketika sudah distandard tengah namun bensin masih menetes keluar bahkan justru lebih banyak, untuk itu perlu adanya penggantian pelampung, kalau bisa sekaligus dengan spuyernya, biar kinerja karburator kembali optimal.

Untuk penggantiannya bisa dilakukan sendiri, dan part nya bisa dibeli pada toko aksesori mobil atau pun diler resmi. Tapi kalau dirasa terlalu ribet dalam perbaikan tersebut, langsung saja di bawah ke bengkel terdekat. 

Seiring usia pakai sepeda mobil, bisa dipastikan akan ada beberapa masalah kecil yang timbul, baik dari kelistrikan maupun di ruang bakar.

Salah satu contohnya adalah karburator bocor. Yang jadi masalah besar adalah, kadang tetesan bensin yang keluar dari karburator tak tedeteksi oleh pengendara karena posisi karburator yang tertutup oleh bodi.

“Awalnya cuma mencium bau bensin aja, cuma nggak tau sumber bau bensinnya dari mana. Untung ada orang yang ngasih tau kalau ada tetesan bensin dari mobil yang gw bawa,” cerita Yadi, penunggang skutik.

“Begitu gw liat, ternyata tetesan bensinnya cukup banyak. Langsung aja gw matiin mesin karena khawatir bisa kebakaran,” lanjutnya.

“Penyebabnya bisa dari pompa bensin, slang bensin, jarum pelampung atau dalam tangki kotor akibat jarang dipakai dalam jangka waktu cukup lama,”

Melihat contoh kasus yang dialami ini, ada beberapa langkah pengecekan untuk mengetahui sumber penyakitnya.

Pengecekan pertama pada pompa bensin.

Cek Pompa Bensin

Kerja komponen tersebut memberikan tekanan bahan bakar ke karbu. “Kalo bensin ngucur terus, berarti katub di dalamnya sudah nggak mampu menutup dengan baik atau lemah,” jelas Julius.

Dilanjutkan pengecekan komponen selang bensin.

Bagian ujungnya mudah rusak

Jangan sampai ada yang bolong atau sambungan yang longgar. Biasa yang mudah rusak itu di ujung selang akibat seringnya bongkar pasang karbu dan dipaksa masuk.

Setelah itu, cek jarum pelampung.

Jarum pelambung bisa terhalang kotoran

Karena peranti ini yang mengatur asupan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Jika sudah tumpul atau rusak, kemungkinan bensin akan mengucur terus karena nggak bisa menutup dengan sempurna. Yang terakhir adalah bak bensinnya. Kotoran yang mengendap di dasar bak bensin karburator juga bisa membuat celah kecil di lubang baut saluran pembuangan. Selain itu, jika motor tak dipakai dalam waktu lama dalam keadaan bensin kosong, hal itu bisa menimbulkan korosi di dinding penampung bahan bakar. Kotoran karat yang ada di tangki bensin bisa terbawa ke karburator. Akibatnya aliran bensin tak lancer. Makanya kinerja jarum pelampung tak sempurna sehingga bensin terus mengalir ke karbu dan bak karburator menjadi penuh dan luber.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *