103 203 123
Address

Ban Mobil Sering Pecah Saat Mudik Lebaran? Ini Cara Menghindarinya

Ban Pecah

Ban Mobil Sering Pecah Saat Mudik Lebaran? Ini Cara Menghindarinya

Sebagian besar negara tol Trans Jawa menggunakan jenis beton dikenal ke permukaan secara alami kaku seperti lapisan. Tidak ada aspal, tentu kondisi sangat berbahaya karena jenis beton merupakan faktor risiko utama untuk penyebab utama ban meniup.

“Dengan menggunakan jenis beton seperti itu, akan ledakan potensial. Karena itu, disarankan bagi wisatawan yang ingin kembali melalui tol jalan kendaraan harus beristirahat selama 2 sampai 3 jam untuk perjalanan”, kata Universitas Joko Setijowarno Soegijapranata Katolik, Semarang, seperti dilansir oleh Halaman Oto Grid .

Joko menambahkan bahwa jika permukaan jalan yang tak beraspal, itu akan memo ban hangat dan cepat, sehingga potensi ledakan ban yang sangat besar.

“Jika permukaan tidak dilapisi dengan jalan aspal, membuat ban yang panas usang dan cepat,” kata Joko.

Joko juga mengatakan bahwa jika kendaraan tersebut perlu untuk berhenti sejenak sebelum melanjutkan perjalanan bolak-balik.

baca juga: Rental Mobil Purwokerto

“Untuk persiapan kendaraan dan sopir yang prima untuk perjalanan jauh, dapat mengikuti beberapa tips yang telah dikeluarkan oleh beberapa perusahaan otomotif dan komunitas otomotif,” katanya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari ban pecah sementara di jalan tol selama perjalanan putaran, antara lain yaitu:

1. Pengendalian tekanan angin

Sebelum Anda pulang ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa tekanan udara di ban Anda. Selain itu, isi ban mobil Anda sesuai dengan standar yang tercantum dalam pintu mobil atau ikuti petunjuk dari panduan mobil.

2. Periksa kedalaman alur larangan

Sebagian dari ban yang perlu Anda pertimbangkan adalah kedalaman alur lebih atau bunga yang ditemukan pada ban. Jika bunga atau alur di strip tipis bergulir tampilan, maka Anda harus menggantinya dengan ban baru. Karena jika dipaksakan, akan berbahaya, terutama ketika dalam kondisi permukaan jalan di tol Trans Jawa menggunakan hanya selama cor beton kasar, yang dapat menyebabkan ledakan sebuah.

baca juga: Rental Mobil Purwokerto

3. Periksa tingkat keausan ban

Untuk ban Anda stabil saat dipacu dengan kecepatan tinggi, kami sarankan Anda cek spooring untuk menghindari ban yang tidak rata pakai, ban dan memeriksa saldo untuk menjadi lebih stabil bila digunakan.

4. Periksa celah Ban

Bolak-balik seperti yang Anda merasa nyaman, Anda juga harus memeriksa apakah ada retak pada ban mobil Anda. Oleh karena itu, ban pecah-pecah dapat meningkatkan risiko ban datar, terutama jika keadaan jalan kasar dan tidak rata

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *